Selasa, 19 Oktober 2010

resiko dan pajanan

1. Ketika anda ke bioskop, anda membeli tiket yang sudah diberi nomor dari loket atau kasir. Tiket tersebut diberikan ke orang lain di pintu masuk bioskop. Ketidakberaturan jenis apa yang ingin di hindari oleh bioskop? Pengendalian apa yang digunakan untuk menghindari ketidakberaturan tersebut? Resiko dan pajanan apa yang dapat dihindari?
2. Pembagian tugas secara efektif kadang-kadang tidak layak secara ekonomis pada bisnis kecil. Berikan pendapat anda mengenai pernyataan tersebut.

Jawab

1. Ketidakberaturan yang ingin di hindari oleh bioskop adalah pembelian tiket tidak pada loket melainkan orang yang sudah membeli tiket lalu menjual tiketnya di depan pintu masuk bioskop. Ketidakberaturan ini tidak hanya ditemukan di bioskop tapi di stasiun, pelabuhan, terminal, dan bandara. Orang yang melakukan hal ini biasa disebut dengan calo. Calo membeli tiket dengan harga normal lalu dia menjual tiketnya lagi dengan harga dua kali lipat.
Pengendalian yang dilakukan bisa dengan pembatasan pembelian tiket (misal : minimal 2) dan ada petugas keamanan yang bertugas menjaga di loket dan pintu masuk bioskop serta menindak apabila ada transaksi tiket yang tidak pada loket.
Reksiko membeli tiket dengan calo, pajanan harga tiket bisa lebih mahal
2. Menurut saya pembagian tugas secara efektif itu layak secara ekonomis pada bisnis kecil karena agar usaha berkembang diperlukan tenaga kerja yang efektif dalam menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawabnya masing-masing supaya hasil yang didapatkan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar